Rabu, Juni 11

7 Film Bertema Islam Yang Terbaik Di Dunia

1. Film Omar Bin Khattab


Dua majikan dengan dua budak menghadap Umar Bin Khattab. Salah satu majikan mengadu bahwa ontanya telah di curi oleh dua orang budak milik majikan yang satunya. Umar bertanya kepada para budak “Apakah benar kalian telah mencuri untanya,” tanya Umar. “Benar ya Amirul Mukminin,” jawab dua budak tersebut ketakutan. “Kalau begitu saya akan menegakkan hukum Islam kepada kalian berdua,” ujar Umar. Dalam hukum Islam, pencuri dihukum potong tangan. Dua budak tersebut semakin ketakutan, mulut mereka bergetar, tidak mampu menjawab. “Tapi, saya mau bertanya, kalian apakan onta itu?,” lanjut Umar. Budak itu diam, tidak menjawab. “Tidak usah takut, jawablah dengan jujur,” kata Umar. “Kami sembelih dan kami makan ya Amirul Mukminin. Kami kelaparan dan belum makan,” akhirnya mereka menjawab dengan terbata-bata.

Umar menarik nafas panjang dan menatap mereka berempat. “Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” kata Umar membacakan surah Al maaidah ayat 3. Kedua budak tersebut dibebaskan dari hukum potong tangan. Umar membiarkan mereka keluar dari ruangannya.

Umar mengalihkan pandang kepada majikan dua budak tersebut. “Kamu memperkerjakan budak, tapi kamu membiarkan mereka kelaparan, maka kamu yang harus menanggung semua perbuatan mereka,” kata Umar tegas. Majikan yang dicuri ontanya bertanya kepada Umar “Lalu bagaimana dengan onta saya ya Amirul, siapa yang akan mengganti kerugiannya?” katanya menuntut ganti atas ontanya dicuri. “Berapa harga ontamu,” Tanya Umar. “400 Had,” jawabnya. Umar kembali mengalihkan pandangan kepada majikan yang memiliki dua budak yang telah mencuri onta itu, dan berkata “Bayar 800 Had, kamu juga harus membayar denda atas perbuatan budakmu,” kata Umar.

Begitulah cara Umar menyelesaikan sangketa yang terjadi pada umat Muslim di masa kekhalifahannya. Umar terkenal dengan sikapnya yang tegas dan adil. Kisah ini telah berulang-ulang didengungkan, dan mungkin juga sudah berkali-kali kita dengar. Namun, saat menyaksikan lagi kisah yang sama di film Omar, peristiwa ini tetap menyentuh mata batin orang-orang yang haus keadilan.

Ternyata keadilan tidak dilihat dari perbuatan salah yang dilakukan, tapi apa yang menyebabkan dan mendorong perbuatan tersebut terjadi. Dari sebab musabab yang jelas inilah kemudian Umar mengambil sebuah keputusan. Jika hukum atas perkara itu sudah diatur dalam Alquran dan Hadist, maka Umar tidak memperdebatkannya lagi. Namun, jika hukum atas perkara itu tidak ada dalam Alquran dan Hadist maka Umar menggunakan logika yang lurus dalam penyelesaiannya. “Kalian berhak berpendapat atas perkara yang belum diatur dalam Alquran dan Hadist. Bemusyawarahlah, dan ambil pendapat yang terbaik,” ujarnya kepada umat ketika itu.

Film bertitle Omar ini serentak tayang di beberapa negara di seluruh dunia. Di Indonesia film ini tayang di MNC TV mulai tanggal 1 pada bulan ramadhan tahun ini setiap jam 3.45 WIB . Tontonan yang pas sekali sehabis sahur sembari menunggu waktu sholat adzan subuh.

Film Omar ini sangat-sangat layak ditonton karena pada film ini terdapat banyak sekali mengandung nilai kehidupan. Serial ini mengandung aspek dramatis yang sangat menarik. Penggambaran kondisi Mekkah saat itu juga digambarkan dengan sangat baik, kondisi psikologis masyarakat, bentuk kultur yang ada, hingga kondisi lingkungan kota Mekkah pada saat itu.

2. Film FETIH 1453


Film merupakan salah satu produk teknologi dan budaya manusia modern. Dengan film sebagai media pembelajaran tentang budaya, bahasa, teknologi, dan sejarah, peradaban manusia menjadi termudahkan dengan kehadirannya. Saya sering menggunakan film ketika belajar bahasa Inggris, Arab, dan sebagai media presentasi bermacam kebutuhan disiplin pengetahuan yang saya butuhkan.

Di hadapan anda adalah sebuah film yang bisa anda gunakan sebagai media pembelajaran sejarha dunia Islam, meski tidak utuh dan mewakili sejarah itu secara penuh, namun film bisa bisa dikatakan cukup memadai sebagai alat bantu untuk mengingat kembali bahwa peradaban kaum muslimin pernah gemilang. Beberapa tahun silam saya pernah memilki versi animasi 2d (kartun) film ini, berjudul muhammad al Fatih, kini teknologi film berkembang pesat, film yang akan anda baca resensinya kini telah dikemas dengan teknologi mutakhir, semoga bisa menambah koleksi media edukasi bagi anda dan keluarga, selamat membaca dan menyaksikan.

3. Film The Message



Film The Message adalah sebuah film yang menceritakan kisah perjalanan syi’ar Rasulullah saw periode Mekkah dan periode Madinah. Kita dapat memperoleh gambaran bagaimana kondisi Arab Pra Islam sampai dengan takluknya kota Mekkah ditangan kaum Muslimin, dan sejarah islamnnya beberapa sahabat Rasul saw seperti Hamzah ra, Khalid bin Walid ra dan lain².

Film islami ini memang film lawas (kalau tidak salah sekitar tahun 70an). Tapi yang namanya film sejarah, adalah dari generasi ke generasi. Dari dasar itu, menjadi sangat baik untuk kita simpan.

4. Film Lion Of Desert



Lion on the Desert adalah film yang mengabadikan perjuangan Omar Mukhtar (Libya) melawan penjajah Italia. Tokoh Omar Mukhtar diperankan oleh Anthony Quinn. Dia cukup sukses memerankan peran ini. Film ini dibuat secara kolosal, sehingga aksi-aksi pertempurannya sangat memukau.

5. Film Ashabul Kahfi



Kisah 309 Tahun Pengikut Isa Al masih didalam gua Film ini bertutur tetantang ketabahan para pengikut Isa Al masih dalam mempertahankan keimanan mereka. Dengan latar sejarah kekuasaan Adrianus, dengan garapan apik dan kolosal, penuh dengan kesedihan dan ketegangan. Maximilianus, seorang petinggi Romawi di bawah Philadelpia, hari-harinya diliputi kegelisahan menyaksikan berbagai keanehan ajaran nenek moyangnya.

Imperium Romawi yang begitu perkasa, ternyata penguasaannya tunduk dihadapan patung-patung tak berdaya. Kegundahan semakin memuncak tatkala para pengikut Isa AI-Masih dikejar-kejar, disiksa, dibunuh, dijadikan mangsa singa lapar. Mulailah ia mencari hakikat kebenaran, sampai saat ia berjumpa seorang tua yang memberinya Injil Barnabas.

6. Film Salahuddin Al Ayubi



Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din adalah seorang jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, sebagian Yaman, Irak, Mekkah Hejaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Dawud.

7. Film Khalid Bin Walid



Ini ada film sang legenda militer dalam Islam, tentang Khalid bin Walid Ra. yang berjuluk Pedang Allah (Syaifullah). Kisah kepahlawanan Khalid bin Walid selalu mendapat tempat di hati kaum muslimin dan menjadi kebanggaan sejarah dan kebudayaan Islam. Apalagi saat ini masih sedikit sekali yang mengetahui tentang sejarah militer dalam Islam.

Muhammad Husain Haikal, sejarawan Mesir berkomentar, “Khalid adalah seorang jenderal yang cukup ulung, seorang penggerak militer yang tidak banyak bandingannya.” Sedang Carole Hillenbrand, Guru Besar Studi Islam dan Bahasa Arab di Universitas of Edinburg menyatakan, “Jenderal Arab Muslim paling terkenal, Pedang Islam, sahabat Rasulullah, Khalid bin Walid. Adalah arsitek agung penaklukan Islam pertama di Abad ke-7.”
Inilah kisah seorang Shahabat besar dalam Islam, Khalid bin Walid Ra. yang mendapat julukan Syaifulllah, pedang Allah.

Minggu, Mei 18

Recomended Movie "Student of The Year"






Sinopsis

Perjalan dari masa muda menuju kedewasaan dibumbui emosi yang sangat banyak dan Student of The Year merayakannya dengan abad baru yang berwarna. Ini ceritanya adalah Abhimanyu Sing (Sidharth Malhotra) dan Rohan Nanda (Varun Dhawan) yang melintasi jalan kompetisi, dengki, keberhasilan, kegagalan, manipulasi, dan putus cinta di dalam alam smeesta mini mereka yang bernam SMA St. Teresa, Dehradun. Abhimanyu alias abhi berasal dari keluarga kelas menengah dan ingin mencapai sukses yang besar dan keberuntungan, langkat pertamanya adalah menjadi juara Student of the Year, sementara Rohan Nanda alias Ro, adalah anak dari pebisnis yang memenangkan piala Student of the Year yang akan membawanya kedalam takdir bahwa orang-orang akan memujinya. Ketika dua portagonis dengan latar yang berbeda dan dengan tujuan yang jelas saling bertengkar di loker ruangan lapangan bola, dan kantin. Tidak ada pertanyaan di pikiran setiap orang bahwa persamaan yang tetap di kampus St. Teresa adalah hal untuk merubah itu.

Rabu, Mei 14

Recomended Movie "Brain Man"



Synopsis

Where does reason stop and emotion begin?

The horrific bombing of a bus is just one in a series of such attacks in a small town in Japan. When Ichiro Suzuki is caught at one of the crime scenes, he quickly becomes the main suspect – and the centre of investigation by Detective Chaya and forensic psychiatrist Dr. Washiya. Suzuki – or ‘the Brain Man’, as he comes to be known, is highly intelligent and possesses astounding physical strength; however, he seems strangely devoid of any human emotion. But as psychiatric examinations begin to reveal the truth behind Suzuki’s cold facade, Dr Washiya and Detective Chaya, come to realise that there is more to him – and to the case – than meets the eye. Based on an award-winning novel, this is a well-paced suspense drama with a compelling (if potentially confronting) mix of darkness, action, violence and mystery. Toma Ikuta (Fallen Angel) is a stand-out as the enigmatic Suzuki. Don’t be fooled by the title – this is one solid film. And P.S. – the pyrotechnics are real, not CG.


Sheila On 7 – Sebuah Kisah Klasik



Sebelumnya, dengarkarkan dulu MP3 nya ya..



Jabat tanganku, mungkin untuk yang terakhir kali
Kita berbincang tentang memori di masa itu
Peluk tubuhku usapkan juga air mataku
Kita terharu seakan tiada bertemu lagi

Bersenang-senanglah
Karna hari ini yang akan kita rindukan
Di hari nanti sebuah kisah klasik untuk masa depan
Bersenang-senanglah
Karna waktu ini yang akan kita banggakan di hari tua

Reff:
Sampai jumpa kawanku
Semoga kita selalu
Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan
Sampai jumpa kawanku
Semoga kita selalu
Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan

Bersenang-senanglah
Karna hari ini yang akan kita rindukan
Di hari nanti…

Ke: Reff

Mungkin diriku masih ingin bersama kalian
Mungkin jiwaku masih haus sanjungan kalian

Jumat, Maret 21

Jawaban-jawaban Ngakak dalam Ujian

Gue sendiri nggak kebayang dengan jawabannya. Dan gue yakin, gurunya pasti stress banget. Kalo gue yang jadi gurunya, mungkin gue akan langsung pensiun dan berhenti mengajar selama-lamanya.

Di satu sisi, pelajar pasti udah belajar mati-matian. Tapi pas ulangan, mendadak langsungblank, pasrah, atau mengalami penggeseran otak secara tiba-tiba. Nah, ini adalah jawaban-jawaban absurd dalam ulangan yang bisa bikin kita geleng-geleng kepala:

1. 


"Gambar di samping mewujudkan kasih sayang seorang: A. pembantu." Gue yakin banget, pelajar SD ini kurang mendapat kasih sayang dari orang tua. Anak ini pasti sering nongkrong di Indomaret dan bergaul dengan para kasirnya. Suka nemenin pembantunya belanja lalu mojok bareng tukang sayur. Semoga orang tuanya cepat ditemukan.

2.
 


"In which battle did Napoleon die?"
His last one. Oke...

"Where was the Declaration of Independence signed?"
On the bottom of the page. You don't say?

"What can you never eat for Breakfast?
Lunch & Dinner. Yaiyalah!

.... "If you had 3 apples and 4 oranges in one hand and 3 oranges and 4 apples in the other hand, what would you have?"
Very large hands. Argggghhh!!!

Yang lebih absurd lagi, walaupun dapet nilai F, pelajar satu ini mendapatkan nilai A+ untuk kreativitasnya. Salut.


3.

Yak, pelajar satu ini benar-benar menggambar segitiga sama kaki!


4.
 

Ini juga nggak kalah kreatif. Jawaban essay pertamanya rahasia. Jawaban essay kedua ketumpahan kopi. Nggak habis pikir, apa yang ada di otak anak ini. Tapi, terima kasih, karena udah memberikan ide jawaban yang brillian. Nanti, bakal gue coba praktekin.


5.


Udin benar-benar pelajar yang menaati peraturan. "Jawablah pertanyaan berikut dengan BENAR dan TEPAT." Dan lihat, jawabannya BENAR dan TEPAT semua! Bravo, Udin! Yang bikin gue ketawa, adalah jawaban nomor 3. Mungkin menurut Udin, dengan dicoretnya jawaban BENAR dan diganti dengan TEPAT bisa mengubah nilai ulangannya. Ya, siapa tau.


6.


Inilah yang namanya realitas. Di zaman sekarang ini, nggak bisa disalahin juga sih jawabannya.


7.

Biar gue tulis ulang kalo gambarnya nggak kelihatan:


"1. Buktikan garis berat suatu segitiga adalah 2 : 1.


Jawaban: Saya bingung pak, apa yang mau saya buktiin. Ini semua telah dirancang oleh Tuhan. Segala sumber ilmu pengetahuan berdasarkan firman Tuhan dan dia yang menjadikannya baik. Jadi menurut saya tidak ada yang perlu dibuktikan, karena pembuktian ini hanyalah bentuk ketidakpercayaan saya dengan Tuhan. Karena saya percaya Tuhan saya, Tuhan yang benar. Saya percaya kepada-Nya bahwa garis berat dari suatu segitiga adalah 2 : 1! 'Barangsiapa yang tidak percaya kepada-Nya, hidupnya akan binasa.' "

Menurut gue, pelajar yang satu ini kayaknya salah jurusan, mengalami tekanan batin, atau udah bener-bener pasrah sampai nggak tahu harus jawab apa. Gue yakin, walaupun nilai matematikanya jelek, nilai agamanya pasti tinggi. Ini juga sebagai pelajaran sih, bahwa ketika kita nggak bisa menjawab soal ulangan, pastikan aja iman kita kuat.

8.



Anak yang jujur sekali. "Siapa dia?" Polisi. "Apa saja tugasnya?" 1) Minta uang. 2) Jagain jalan. 3) Baris-baris. Udin, is that you?


9.


Seorang pelajar jenius dengan IQ lebih dari 200 telah lahir. Lihat, betapa cepatnya dia menemukan "x". Gue pernah make cara ini pas ulangan matematika karena udah saking pasrahnya. Bukannya dibilang jenius, jawaban gue malah disalahin sama guru.


10.
 

Anak ini pasti nggak suka matematika.

11. 


"Who has Adolf Hitler?" Malah digambar. Ini juga harusnya nggak disalahin, sih.

12. 



Gue paham langkahnya, karena gue pernah melakukan ini.


1/n sin x = ? -> huruf n dicoret -> tinggal si x -> six -> 6.


13. 

Lagi-lagi, pelajar salah gaul. Mungkin, ini adalah asal muasal dari typo yang sebenarnya. Gue kira, ngetik doang yang bisa typo. Nulis juga bisa ternyata. Salahkan keyboard yang huruf "d" dan "f" -nya bersebelahan. Eh, tapi ini nulis pake pensil, ya.

Gue berharap, semoga ini bukan Udin.

14. 



Expand artinya memperluas. Kalo soalnya begini, menurut gue jawabannya nggak salah. Karena 2(x+y) benar-benar diperluas oleh pelajar satu ini. Mungkin, trik ini bisa gue pake nanti saat ulangan. Kalo guru gue protes, gue kasih kamus bahasa Inggris.

15.

Stress dengan pelajaran Matematika nggak membuat pelajar satu ini kehabisan ide. Dia malah menggambar tetris, padahal disuruhnya grafik parabola. Creativity level: insane.


***


Sebenarnya, masih banyak jawaban-jawaban absurd dalam ulangan yang gue temukan. Tapi kalo gue langsung share semua di sini, kebanyakan. Mungkin, postingan ini ada edisi keduanya. Tunggu aja nanti. Kapan-kapan, ya. Kesimpulannya: pasrah membuat kreativitas seseorang meningkat. Ya, saat ulangan dan nggak tahu jawaban misalnya. Pasrah aja. Soal yang jawabannya susah itu menandakan, kreativitas kalian sedang diuji. Jadi, tinggal memilih: mau ikut rumus yang ada di catatan, atau membuat rumus sendiri dengan imajinasi? Risikonya memilih opsi kedua adalah nilai ulangan jelek. Kecuali gue gurunya.


Dan untuk menutup postingan kali ini, ada sebuah rumus absurd yang sebenarnya nggak gue anjurkan. Tapi kalo mau percaya dikit boleh sih:


Study = no fail..... (1)
No study = fail..... (2)


(1) + (2) 


Study + No study = no fail + fail
Study (1+no) = fail + (1+no)
Study = fail

Pajak Pria Tampan di Jepang untuk Mengatasi Krisis Ekonomi

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Langsung aja gan gak usah neko - neko

Tahun-tahun ini memang Jepang telah menghadapi krisis ekonomi yang terkait dengan tingkat kelahiran yang menurun dan populasi yang menua meningkat secara serius.

 Takuro Morinaga profesor ekonomi Jepang di Dokkyo Universitas Saitama di pinggiran kota Tokyo dan kolumnis televisi, menyarankan sebuah solusi yang unik dan baru untuk mengatasi masalah Negara jepang , yaitu menarik pajak dari para pria tampan seperti dilansir WeirdAsiaNews.

Rencana perpajakan untuk para pria tampan ini diduga akan menciptakan cara agar para pria “rumahan” mencari wanita, menikah, dan memiliki anak.

Selain “kesenjangan kekayaan” Takuro Morinaga melihat “celah cinta” sebagai faktor fundamental menurunnya angka kelahiran di Jepang. Oleh karena itu, ia menyimpulkan bahwa jika Jepang menarik pajak dari para ikemen (pria tampan – ed) dan mengurangi pajak dari para pria yang tidak begitu tampan, maka mungkin perekonomian negara akan lebih baik dalam waktu satu tahun.
Pajak pria tampan yang diusulkan ini akan termasuk menggandakan pajak dari orang-orang yang memenuhi syarat dan mengurangi pajak sebesar 10-20% bagi mereka yang tidak begitu tampan.

Untuk menilai apakah seseorang tampan atau tidak, akan ada panel yang terdiri dari para wanita yang dipilih secara acak untuk memutuskannya.

Saran ini sedikit subyektif, tapi warga Jepang terutama Menteri Ekonomi menganggap ini sebagai hal yang serius dan berharap akan membantu mengurangi krisis ekonomi di Jepang saat ini.

buaahahahha..hati" buat agan yang cakep"..

Posting Lama